Saturday, December 31, 2016

Cara Membuat Karakter dan Object di Construct 2 [Membuat Game Platform Tanpa Coding Bagian 5-Gatotkaca]






https://shopee.co.id/coratcoretudio
https://shopee.co.id/coratcoretudio

Untuk membuat karakter caranya sama seperti membuat background dan membuat object lainnya hanya saja untuk karakter kita tambahkan sifat, untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah berikut :

1. Masukan object sprite karakter gatotkaca yang telah di sediakan

2. Masukan sifat / behaviors - pilih platform

3. Tambahkan sifat “scroll to”, ini berguna supaya camera mengikuti object yang telah kita buat.


Tekan F5 untuk preview, namun setelah dijalankan si karakter belum mempunyai gerakan, untuk membuat gerakan perhatikan langkah berikut :

*klik dua kali pada object karakter, pada jendela animations kita buat 3 gerakan yaitu berdiri, jalan, dan loncat dengan cara klik kanan lalu add animation

*di setiap animation kita beri animation frame yang berbeda - beda lihat gambar berikut

4. Aktifkan loop menjadi “yes”

5. Untuk membuat animasi bisa berfungsi kita buat logika di event sheet gameplay,caranya lihat gambar berikut :


1. Klik add event - pilih sprite karakter - next - pada grup platform pilih “is on floor” - done
2. Buat lagi event dibawahnya, add event - karakter - next - is moving - done lalu add action - karakter - next - set animation - next - muncul jendela baru , pada animation ketik “jalan” - done

3. Add event - system - else - done - lalu add action - karakter - next - set animation - next - muncul jendela baru , pada animation ketik “berdiri” - done

4. Buat lagi event dibawahnya, add event - karakter - next - is jumping - done lalu add action - karakter - next - set animation - next - muncul jendela baru , pada animation ketik “loncat” - done

5. Add event - system - compare two value - next - pada first value ketik “karakter.Platform.VectorX” - comparison pilih “greater than” - second value “0” - done ,lalu set action - karakter - set mirrored - next - not mirrored - done

6. Add event - system - compare two value - next - pada first value ketik “karakter.Platform.VectorX” - comparison pilih “less than” - second value “0” - done ,lalu set action - karakter - set mirrored - next - mirrored - done

setelah semuanya selesai karakter sudah mempunyai sifat dan gerakan untuk dapat mengujinya kita butuh sebuah alas / tanah yang biasa disebut terain.

untuk membuat terain sama seperti membuat object lainya bedanya hanya pemberian sifat solid, untuk lebih jelasnya ikuti langkah berikut ini :

1. Masukan gambar tanah cari di folder bahan - terain 

2. Masukan sifat / behaviors - solid

3. Untuk menyusunya kita copy saja terain yang sudah ada sifat solidnya lalu dipaste ,ditata hingga membentuk suatu rintangan permainan, contohnya seperti gambar berikut


Setelah membuat tanah selasai tambah kan backgrund gameplay caranya sama seperti memberi background pada main menu

namun untuk mempermudah menyusun sebuah game kita memperlukan layer ,layer adalah sebuah lapisan / tumpukan perhatikan gambar berikut

penjelasan :

1. HUD adalah layer paling atas, berfungsi untuk memasukan object seperti score dan nyawa

2. Musuh / enemy adalh layer untuk tempat musuh

3. Karakter untuk karakter

4. Dekorasi berisi hiasan juga bisa di isi dengan koin 5.tanah untuk tanah dan bg untuk background


susunan layer biasanya seperti itu boleh dibolak-balik sesuai keinginan tetapi ingat ada layer khusus tang tidak bisa di ubah yaitu layer bg dan HUD , layer bg harus paling bawah dan HUD harus paling atas.

sekarang perhatikan gambar berikut beserta penjelasannya :


Dan inilah akhir pembahasan dari “membuat karakter dan terain” untuk menguji game kita ,bisa lihat di browser kita masing-masing, jika karakter sudah bisa berjalan beranimasidan dapat hadap kanan kiri berarti logika yang kita buat telah berhasil ,jika belum bisa simak kembali cara - cara sebelumnya.

hasilnya jika berhasil seperti ini :


sebuah game platform tidak cukup hanya dengan karakter bisa berjalan beranimasi kesana - kesini tapi kita juga membutuhkan rintangan biasanya berwujud object lain yamg di sebut musuh.

selain itu juga harus ada skore dan nyawa dan juga harus ada tujuan karakter bermain yaitu sebuah piala maksudnya jika si karakter menyentuh atau sampai pada kondisi tertentu maka akan sampai pada layout finish.

selain itu juga ada layout game over , untuk lebih jelasnya kita simak tutorial selanjutnya.






https://shopee.co.id/coratcoretudio
https://shopee.co.id/coratcoretudio

No comments:

Post a Comment

Aku Menganut Prinsip Kebebasan Berbicara