Saturday, December 31, 2016
Cara Membuat Nyawa dan Musuh di Construct 2 [Membuat Game Platform Tanpa Coding Bagian 6-Gatotkaca]
Andalan Kami
- [Tes Kecintaan] Sebenarnya Apakah Kamu Cinta Dia..??
- [Tes Idiot] Seberapa Idiot Kamu..??
- [Tes Usia] Sampai Umur Berapa Kamu Akan Hidup..??
- [Tes Kekayaan] Apakah Kamu Akan Kaya..??
- [Game Trick] Saya Bisa Menebak Tanggal Lahirmu
- [Game Trick] Saya Bisa Menebak Umurmu
- [Tes Keaslian] Sebenarnya Kamu Lebih Maskulin atau Feminim..??
- [Tes Kecocokan] Apakah Kamu dan Dia Cocok..??
- [Tes Ketenaran] Apakah Kamu Akan Terkenal..??
- [Tes Keromatisan] Seberapa Romantis Kamu..??
- [Tes Tinggi Badan] Apakah Kamu Akan Tinggi..??
- [Tes Psikopat] Seberapa Psikopat Kamu..??
- [Tes Kecintaan] Sebenarnya Apakah Dia Suka Kamu..??
- [Tes Sifat Kemaluan] Seberapa Pemalu Kamu..??
untuk latihan buat 4 layout seperti pada gambar beserta event sheetnya
caranya seperti pada tutorial sebelumnya
jika sudah beres semua kita akan membuat nyawa caranya
1.masukan gambar untuk HUD nyawa pada foder bahan - nyawa sprite 2.letakan pada layer HUD , atur parallax layout 0,0 , lihat gambar berikut
lalu buat animasi nyawa seperti ini :
Sekarang kita buat logika di event sheet gameplay
1. Buat global variable dengan nama “nyawa” caranya
klik kanan pada event sheet - add global variable - beri nama - initial value diisi dengan 6
2. Buat event dan actionnya :
Anda bisa menggunakan teknik copy-paste lalu hanya mengganti value "nyawa"
1. add event - compare variable - variable diisi “nyawa” ,comparison diisi “equal to” ,value diisi “5” - done
add action - nyawa - set animation - h5 - done
2. add event - compare variable - variable diisi “nyawa” ,comparison diisi “equal to” ,value diisi “4” - done
add action - nyawa - set animation - h4 - done
3. add event - compare variable - variable diisi “nyawa” ,comparison diisi “equal to” ,value diisi “3” - done
add action - nyawa - set animation - h3 - done
4. add event - compare variable - variable diisi “nyawa” ,comparison diisi “equal to” ,value diisi “2” - done
add action - nyawa - set animation - h2 - done
5. add event - compare variable - variable diisi “nyawa” ,comparison diisi “equal to” ,value diisi “1” - done
add action - nyawa - set animation - h1 - done
6. add event - compare variable - variable diisi “nyawa” ,comparison diisi “equal to” ,value diisi “0” - done
add action - system - go to layout - game over - done
Sekarang kita akan membuat enemy / musuh
caranya :
1. Masukan sprite enemy di folder bahan - enemy
2. Beri animasi seperti biasa, contohnya seperti gambar dibawah :
3. Berilah behaviors sine dan solid, sine berfungsi memberi gerakan vertikal / horizontal dan atur pada jendela behaviors sine
Jika sudah selesai copy-paste enemy yang sudah berisi sifat ,tempatkan di beberapa tempat hingga terbentuk suatu rintangan, misalnya seperti ini :
Setelah jadi langkah selanjutnya adalah membuat logika di event sheet gameplay ,caranya :
1. add event - karakter - on collision with another object - cari sprite musuh - done
2. add action - system - restart layout
3. add action - system - subtract 1 from nyawa
4. add action - system - set value - vaiable diisi “skore” ,value diisi “0” - done
untuk yang nomer 4 perlu diketahui bahwa kita harus membuat 2 global variable, yaitu score dan nyawa, perhatikan gambar berikut :
global variable score nantinya digunakan untuk membuat perolehan koin.
kembali pada pembuatan enemy, jika sudah selesai semua kita prieview tekan F5 dan jalankan, jika si karakter menabrak enemy nyawanya berkurang maka sudah berhasil. jika tidak teliti kembali tutorial sebelumnya.
Related Topics |
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment
Aku Menganut Prinsip Kebebasan Berbicara